Penanganan Utama Ketika Kulit Terbakar

Luka bakar dapat disebabkan oleh beberapa hal selain api. Berdasarkan tingkat keparahan luka, luka bakar di klasifikasikan menjadi 3 jenis. Tingkatan luka bakar menurut tingkat keparahannya antara lain luka bakar ringan, sedang dan berat. Tingkatan luka bakar dapat dilihat lebih lengkap pada link https://www.guasehat.com/penanganan-tepat-ketika-kulit-terbakar.

Luka bakar tingkat berat dapat menyebabkan gangguan elektrolit pada tubuh, gejalanya seperti diare.  Jika terjadi gangguan  elektrolit penanganan nya bisa menggunakan obat diare alami untuk dewasa. Penanganan utama saat kulit terbakar akan memperkecil berbagai resiko yang mungkin terjadi.

1.Jauhkan dari Sumber Luka Bakar

Secepatnya jauhkan korban luka bakar dari sumber panas yang membuatnya terbakar. Misalnya dari sumber api, ledakan, sinar matahari dan lainnya.

2.Dinginkan Luka Bakar

Segera dinginkan luka bakar pada air mengalir setidaknya sekitar 20 menit. Air yang digunakan bisa air dingin atau air bersuhu normal. Hindari penggunaan air es yang dapat memperburuk kondisi luka bakar. Jika tidak ada air mengalir bisa juga mendinginkan luka bakar menggunkan kompres.

3.Jangan Kelupas Lepuhan

Luka bakar bisanya menimbulkan lepuhan, sebaiknya jangan kelupas lepuhan ini. Lepuhan yang tekelupas bisa menyebabkan infeksi. Juga sebaiknya jangan memberi luka bakar bahan-bahan seperti odol, kecap, mentega dan lainnya yang bisa menimbulkan infeksi.

4.Lepas Pakaian di Dekat Area Luka Bakar

Lepaskan pakain dan perhiasan dekat area kulit yang terbakar. Jika pakaian terlanjur melekat di luka bakar, sebaiknya ditangani oleh dokter.

5.Selimuti Korban

Pastikan korban tetap hangat namun jangan sampai selimut mengenai luka bakar. Berhati-hatilah agar tidak menggosok area yang terkena luka bakar.

6.Perban

Tutup luka bakar dengan perban kasa steril atau kain bersih. Hindari menggunakan kapas karena serat kapas dapat menempel diluka bakar.

Baca Juga  Wahana yang Bisa Anda Nikmati dengan Membeli Tiket Masuk Disneyland Hong Kong

7.Berikan Obat Penghilang Rasa Sakit

Untuk meringankan rasa nyeri yang ditimbulkan luka bakar, korban bisa diberikan pasasetamol dan ibuprofen.

8.Baringkan Korban

Membaringkan korban dapat mencegah syok yang mungkin terjadi akibat luka bakar. Namun sebisa mungkin tinggikan area luka bakar diatas jantung.

9.Bawa Korban ke Rumah Sakit

Untuk korban yang mengalami sesak atau luka bakar berat sebaiknya segera larikan kerumah sakit. Penanganan yang tepat dapat dilakukan di rumah sakit.

Add Comment