Artikel Kesehatan

Apakah Perbedaan Radang Sendi dan Rematik

Apakah Perbedaan Radang Sendi dan Rematik ?

Perbedaan Radang Sendi dan Rematik – Anda pastinya pernah merasakan nyeri atau ngilu pada bagian persendian tulang. Jangan anggap sepele, bisa jadi tulang atau sendi anda terkena gangguan kesehatan. Ada dua jenis gangguan tulang sendi yang sering diartikan sama, padahal gangguan tulang sendi tersebut patilah berbeda.

Radang sendi dan rematik tidak sedikit orang menyebutnya merupakan penyakit yang serupa, sebenarnya radang sendi dan rematik tidaklah sama. Mungkin dikarenakan gejala yang dirasakannya sama, yakni nyeri dan ngilu pada bagian persendian dan keduanya diakibatkan oleh adanya peradangan.

Apakah Perbedaan Radang Sendi dan Rematik

Untuk itu, kami akan memberikan penjelasan mengenai perbedaan radang sendi dan rematik agar anda tidak salah kaprah lagi dalam mengartikannya.

Radang sendi atau biasa disebut osteoarthritis merupakan suatu kondisi terjadinya peradangan (inflamasi) dalam satu atau beberapa sendi. Gejala yang dirasakan penderita biasanya berupa nyeri, bengkak, kemerahan, atau sensasi hangat pada sendi. Radang sendi juga dapat menyebabkan sendi menjadi kaku dan sulit untuk digerakkan.

Radang sendi sangat berisiko dirasakan oleh orang lanjut usia (lansia). Selain itu, ada faktor lain yang berisiko terkena radang sendi, seperti jenis kelamin, kegemukan, riwayat kesehatan keluarga (turunan). Terlebih jika memiliki riwayat cedra sendi yang kapan saja bisa kambuh lagi.

Sedangkan rematik atau rheumatoid arthritis merupakan gangguan kesehatan yang menyebabkan radang pada anggota gerak, dan kemudian mengakibatkan rasa nyeri, kaku, dan bengkak pada sendi. Penyakit ini disebabkan oleh gangguan autoimun. Yang paling sering terkena yaitu tangan, pergelangan tangan, kaki dan lutut. Yang lebih jarang terkena yaitu bagian tubuh lain, seperti paru-paru, mata, jantung, pembuluh darah, kulit dan saraf.

Untuk gejalanya sendiri antara radang sendi dan rematik tidak jauh berbeda, biasanya ditandai dengan nyeri dan kaku pada sendi, gerakan sendi menjadi terbatas, terkadang hingga otot sekitar sendi mengecil dan kekuatannya menurun.

Jadi untuk saat ini, anda jangan salah kaprah lagi dalam membedakan antara radang sendi dan rematik. Perbedaan radang sendi dan rematik bisa anda ketahui dari penyebabnya, mungkin untuk orang awam memang sama saja karena gejalanya bisa dikatakan sama.

Demikian itulah penjelasan mengenai perbedaan radang sendi dan rematik yang bisa anda pelajari untuk mendapatkan manfaat dalam menjaga kesehatan sendi. Selalu jaga kesehatan anda untuk hari ini, esok dan seterusnya.

Salam Sehat,

Posted by. Obat Radang Sendi Di Apotik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *